Banyak peneliti merasa bahwa tembakau merupakan penyebab delapan hingga sembilan dari sepuluh kanker paru-paru

Perpaduan antara asap tembakau dengan polusi udara atau zat-zat beracun di tempat-tempat kerja jelas mempertinggi jumlah korban kanker. Asap tembakau dan beberapa polutan lainnya saling menunjang dalam melipat ganda kan bahaya penyakit ini secara dramatis. Misalnya, para pekerja asbes yang merokok sembilanpuluh dua kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru dibanding dengan mereka yang tidak merokok dan tidak sering berhubungan dengan asbes. Akan tetapi hampir bisa dipastikan bahwa rokok saja merupakan penyebab dari sebagian besar kasus kanker paru-paru Dr.Gio B. Gori dari Lembaga Kanker Nasional AS memperkirakan bahwa mereka yang menghisap dua bungkus rokok sehari selama satu tahun akan memberati paru-paru mereka dengan benzpyrene salah satu dari sekian kemungkinan bahan obat tradisional diabetes basah bersifat karsinogen dalam asap rokok – sebanyak sembilanbelas kali lebih banyak daripada mereka yang menghirup udara kotor Los Angeles dalam jangka waktu yang sama.

pengertian-riset

Organ-organ dan jaringan-jaringan tubuh lainnya di samping paru-paru para pencandu rokok menjadi sangat peka kanker. Mengisap pipa atau cerutu, demikian pula rokok, meningkatkan kemungkinan seseorang mendapatkan kanker pada mulut, tenggorokan, dan pita suara, terutama jika sang perokok juga seorang peminum. Mengisap rokok juga melipatgandakan kemungkinan terkena kanker esophagus, pankreas dan kandung_ kemih. Akan tetapi, kanker paru-paru yang lebih kerap dan lebih ganas daripada jenis-jenis kanker lainnya lebih banyak mengancam hidup seorang perokok daripada segenap kanker yang diakibatkan oleh rokok.

Setelah mempertimbangkan seluruh spektrum kanker dan apa yang kita ketahui mengenai sebabsebabnya, ketua Masyarakat Kanker Amerika baru-baru ini menyatakan: “Tiadakan kebiasaan merokok, dan anda akan menghapuskan sekitar 15 hingga 20 persen dari semua kematian akibat kanker di negeri ini dan di banyak negeri lainnyaā€¯. Jumlah penerbitan mengenai hubungan antara kebiasaan merokok dengan kanker cukup banyak, akan tetapi lebih banyak lagi kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner yang juga bermula dari rokok – pembunuh utama di negaranegara maju pada umumnya – dari pada kanker. Merokok jelas merusak jantung. Orang Amerika setengph baya yang merokok, dua kali lipat lebih cenderung mendapatkan serangan jantung daripada rekan senegaranya yang tidak merokok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *