Apa Yang Terjadi Jika Herpes Zoster Tidak Dikenali?
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, Herpes zoster menyerang satu juta orang Amerika setiap tahunnya.

cara mengenali herpes zoster

Meskipun herpes zoster terkenal karena karakteristiknya yang khas yaitu terjadinya ruam kulitnya, kadang-kadang ruam tersebut itu tidak muncul atau tidak terlihat sama sekali, kondisi ini dokter menyebutnya “zoster sine herpete”. Bagi penderita herpes zoster yang tidak segera diobati akan memiliki masalah yang serius dalam jangka panjang.Orang dengan zoster sine herpete mengembangkan semua karakteristik gejala dari herpes zoster kecuali ruam.

Penyakit semacam flu
Cara mengenali penyakit kulit herpes zoster dengan gejala flu. Beberapa orang dengan zoster sine herpete dilaporkan secara bertahap mengalami penyakit seperti flu. Keluhan yang dikenal paling umum biasanya termasuk demam ringan, sakit kepala, nyeri otot atau tubuh, dan kurang nafsu makan, yang berlangsung selama tujuh sampai sepuluh hari.

Meskipun orang sering mengaitkan gejala-gejala tersebut dengan penyakit flu, namun dalam kasus herpes zoster, gejala-gejala penyakit flu seperti batuk atau pilek, tidak terjadi pada saat mengalami zoster sine herpete.

Nyeri dan Perubahan Kemampuan Sensoris
Untuk mengenali penyakit kulit herpes zoster bisa dilihat dari gejala yang timbul seperti Nyeri. Nyeri merupakan gejala yang dominan terjadi pada wabahherpes zoster dan itu terjadi bahkan tanpa adanya ruam. Orang dengan herpes zoster mengalami rasa nyeri yang parah, dalam, dan menusuk.

Hal ini biasanya mempengaruhi hanya satu sisi tubuh dan melokalisasi ke daerah kulit yang menutupi satu atau kadang-kadang sampai tiga saraf tulang belakang. Beberapa orang dengan zoster sine herpete juga mengalami gatal, kesemutan, rasa tertusuk-tusuk, mati rasa, nyeri atau sakit saat menerima rangsangan yang biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, seperti saat tersentuh pakaian.

Masalah saat bergerak
Mengenali penyakit herpes zoster dengan gejala masalah pada saraf. Zoster sine herpete , seperti halnya herpes zoster klasik, dapat mempengaruhi saraf tulang belakang atau kranial yang memasok fungsi motorik ke otot-otot tubuh dan wajah. Yang umum terjadi adalah kelemahan pada satu lengan atau tungkai atau salah satu sisi perut atau otot-otot diafragma yang mengontrol pernapasan.

Jika saraf kranial juga terkena, hasilnya adalah sindrom Ramsay-Hunt. Sindrom Ramsay-Hunt menyebabkan kelumpuhan otot wajah yang sering mengakibatkan asimetri ditandai. Orang kehilangan kemampuan untuk menutup atau membuka satu mata sepenuhnya dan satu sisi mulut jatuh kendur.

This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *