Apa Efek Samping Jika Herpes zoster Tidak Diobati?
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas masih seputar penyakit herpes yang merupakan kelanjutan dari artikel saya tentang “Cara Mengenali Herpes Zoster“.Dokter mendiagnosa sekitar 500.000 kasus baru herpes zoster terjadi di Amerika Serikat setiap tahun.

gambar dampak herpes zosterTidak ada pengobatan yang khusus untuk herpes zoster, yang merupakan reaktivasi dari virus varicella-zoster yang menyebabkan cacar air;Namun, obat antivirus dapat mengurangi keparahan dan lamanya gejala terjadi. Pada sekitar 33 persen dari kasus, pasien akan mengalami komplikasi yang parah.

Tanpa obat antiviral, maka kelompok umur yang ber risiko tinggi terkena adalah orang tua atau orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Tetapi pengobatan pada dua hari pertama gejala muncul dapat mengurangi kemungkinan komplikasi, seperti neuralgia postherpetic.

Nyeri Berkepanjangan
Efek samping herpes zoster pertama yaitu akan muncul nyeri berkepanjangan. Rasa sakit yang terkait dengan herpes zoster berbeda-beda dari orang ke orang. Ada yang mungkin merasa seperti terkena sengatan listrik, rasa nyeri atau rasa sakit yang tajam. Hal ini juga mungkin tidak nyaman ketika pakaian menyentuh kulit di daerah yang terkena. Rasa sakit terjadi sebelum tanda pertama dari ruam herpes zoster muncul dan akan berlanjut setelah ruam muncul. Obat diperlukan untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi lamanya waktu rasa sakit berlangsung.

Postherpetic Neuralgia
Efek samping herpes zoster kedua yaitu munculnya Neuralgia postherpetic. Neuralgia postherpetic terjadi ketika rasa sakit yang terkait dengan herpes zoster melampaui periode masa aktif virus herpes zoster. Virus varicella-zoster merusak saraf yang terkena, yang mengarah ke perubahan dalam cara saraf merasakan rasa sakit dan mengirimkan pesan tersebut ke otak. Nyeri dari neuralgia postherpetic sangat tajam, dan kemungkinnya area yang mengalami rasa nyeri itu akan terasa gatal dan terjadi kelemahan pada otot sekitarnya. Sakit kepala juga umum terjadi saat neuralgia postherpetik.

Ramsay Hunt Syndrome
Efek samping herpes zoster yang ke tiga yaitu munculnya Sindrom Ramsay Hunt. Sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika virus varicella-zoster mempengaruhi saraf di wajah. Pasien biasanya akan mengalami lecet di telinga, atap mulut dan daerah lain di wajah. Otot wajah akan melemah dan kelumpuhan wajah dapat terjadi juga. Sangat penting bagi seseorang yang menderita herpes zoster di wajah mencari pengobatan. Jika tidak diobati, pasien dapat mengalami kerusakan permanen pada pendengaran mereka serta kerusakan otot ireversibel.

Infeksi Kulit sekunder
Efek samping herpes zoster yang ke empat yaitu munculnya infeksi pada kulit sekunder. Jika tidak diobati, daerah kulit yang terkena herpes zoster dapat mengalami infeksi sekunder. Ketidaknyamanan yang berhubungan dengan herpes zoster menyebabkan seseorang menggaruk atau menggosok, yang mengakibatkan kulit terbuka untuk bakteri masuk ke dalam tubuh. Bahkan orang yang paling berhati-hati sekalipun mungkin dapat terkena infeksi kulit sekunder bila lambat mengobati lecet yang terbuka.

Ditas merupakan sedikit pembahasan tentang 4 Efek Samping Herpes Zoster Dalam Jangka Panjang jika tidak diobati. Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat untuk kita semua agar lebih berhati-hati terhadap penyakit herpes ini. Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada obat herpes alami yang benar-benar 100% mampu menghilangkan virus herpes ini.

This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *