energikKesimpulan tentang melawan infeksi dan kanker adaiah bahwa olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari. Banyak orang paruh baya atau lanjut usia enggan memulai suatu program olahraga karena takut mengalami serangan jantung. Namun, dengan memulai secara perlahan-lahan dan tidak berolahraga sampai kelelahan, maka mereka tidak perlu memerlukan konsultasi medis untuk program semacam itu. Mereka dengan kondisi fisik tertentu harus menjalani suatu evaluasi sebelum memulai latihan ketahanan.ae Ini tertera dalam Gambar 13. Gambaran ini mengutip secara langsung dari suatu konferens konsensus yang diadakan oleh National Institute of Health di tahun 1995 di mana banyak ahli olahraga dan ahli penyakit jantung berkumpul untuk mencetak pernyataan konsensus terhadap olahraga fisik.

Menurut pernyataan konsensus di atas, biia seorang pria berusia 45 tahun merokok dan mempunyai tekanan darah tinggi, ia akan memerlukan evaluasi medis sebelum pelatihan karena ia mempunyai “banyak faktor risiko” untuk penyakit jantung. Kalau saja ia hanya mempunyai satu faktor risiko, maka ia tidak memerlukan evaluasi. Lebih banyak informasi tentang faktor risiko kardiovaskular ditemukan dalam Bab 3, “PenyakitJantung: Menaklukkan Pembunuh Nomor Satu.” Bertahun-tahun silam, Elien \{&ite mengetahui manfaat olah fisik seperti ditunjukkan dalam Gambar 14so dan 15.s1 Satu kata peringatan: meskipun olahraga secukupnya itu sehat bagi sistem kekebalan, olahraga berlebihan tidak demikian. Olahraga yang sampai pada titik kelelahan-khas pada atlit kompetisi-bisa bekerja pada arah berlawanan dengan respons imun yang menurun.

Elemen NEWSTART Nomor 3: Air

Darah yang lebih kental meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Satu pengukuran yang, sebagian, menentukan kekentaian darah disebut hematokrit. Ini mencerminkan jumlah sel darah merah dalam darah, dan biasanya erat kaitan dengan kadar hemoglobin. Nilai hematokrit lebih besar dari 50 persen menggandakan risiko kejadian jantung pada pria dan meningkatkan risiko empat kali lipat pada wanita.s3 Jika seseorang tidak minum cukup air, hematokrit naik, dengan begitu menambah risiko serangan jantung dan stroke. Juga, kurangnya air menyebabkan dehidrasi dari sel darah merah, membuatnya jadi kurang fleksibel, dan mempunyai kecenderungan lebih lesar untuk menggumpal.

Keseluruhan, sejumlah besar informasi telah diterbitkan tentang karakteristik aliran darah dan dampaknya pada berbagai keadaan penyakit. Riset ini seringkali dipubiikasikan di bawah judul “hemorheology.” Istilah ini berasal dari “hemo” yang merujuk pada darah dan “rheology” yang merujuk pada penelitian sifat aliran dari bahan-bahan yang kompleks. Di antara implikasi dari riset ini adaiah minum air yang cukup, dipadukan dengan aspek gaya hidup sehat lain bisa membantu menunda atau mencegah berbagai penyakit dan komplikasinya. Sedikit dari manfaat yang mungkin bisa tumbuh dari perbaikan aliran darah yang disebabkan dari minum lebih banyak air ditunjukkan dalam Gambar 15.

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *