Mereka tak begitu banyak menderita serangan jantung pada umur pertengahan

hahaaaaaaaaaaaaTapi secara genetis kaum wanita nampak memang ditakdirkan untuk lebih tangguh dari pada kaum lelakinya. Walaupun sejumlah statistik dari India, Pakistan, dan beberapa negara Asia dan Afrika lainnya nampaknya menyimpang dari pola sedunia, data-data biasanya juga menunjukkan bahwa bahkan di negara-negara miskin pun kaum wanita hidup lebih larna daripada kaum pria. Namun, perbedaan usia berdasarkan jenis kelamin tidaklah semenyolok di negara-negara yang lebih kaya. Beban tersendiri yang harus ditanggung oleh berjuta-juta kaum wanita berpendapatan rendah, yakni selama puluhan tahun memelihara anak di tengah-tengah nutrisi yang menyedihkan dan sanitasi yang tak memadai, merenggut sebagian dari keunggulan kesehatan yang diwarisi oleh jenisnya.

Dalam beberapa kebudayaan, kesehatan mereka semakin diperburuk oleh tradisi keluarga yang menomorduakan anak-anak perempuannya dalam pemberian makanan, pendidikan, dan keuntungan-keuntungan lainnya . Sebab-sebab dan tingkat-tingkat kematian sangat berbeda antara negara kaya dengan negara miskin Pembunuh yang paling ganas di negara-negara miskin adalah penyakit menular – disentri, pneumonia, tuberkulosis, bronkhitis, influenza, penyakit campa, dan seterusnya – yang melanda Eropa dan Amerika kurang dari satu abad yang lampau. Penularan yang sering dipercepat oleh kurangnya nutrisi terutama meminta korban di kalangan anak-anak di negara-negara miskin. Meskipun dalam berhadapan dengan pengaruh penularan maupun kekurangan nutrisi kaum dewasa yang miskin tidaklah serawan anak-anak kecil, mereka lebih cenderung meninggal akibat salah satu penyakit tnenular dibanding dengan kaum dewasa dari kalangan yang lebih kaya. Mereka juga lebih mudah terserang oleh jutaan parasit yang berbahaya dan, sama halnya dengan orang dewasa di mana-mana, oleh penyakit jantung serta kanker.

Penularan, terutama penyakit flu yang umum dikenal, masih melanda kalangan makmur, tapi relatif sedikit orang kaya yang meninggal akibat ketularan. Di negara-negara kaya kecelakaanlah yang merupakan penyebab kematian utama bagi anak-anak -Sejalan dengan waktu, di negara-negara berkembang mortalitas semakin mencerminkan dua katagori penyakit yang tidak menular, yaitu penyakit-penyakit kardiosvakular dan kanker Penyakit-penyakit Kardiovaskular yang merupakan penyebab sepiroh diri seluruh kematian di negeri-negeri industri adalah misalah penyakityang pokok di negara-negara ini dan merupakan penyebab utama dari kematian di antara kaum pria berumur pertenganan dan orang-orang tua, termasuk kaum wanita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *