Apa Itu penyakit Asam Lambung Tinggi? Asam lambung jangan dulu dianggap buruk, karena apa jadinya jika di dalam lambung kita tidak ada produksi asam lambung.

Pada keadaan normal asam lambung berguna untuk membantu pencernaan makanan, yakni sebagai cairan yang membunuh bakteri yang dibawa oleh makanan, sebagai zat penstabil gula, serta dapat membantu merangsang proses produksi enzim pencerna protein.

Fungsi yang baik inilah yang mengharuskan asam lambung tetap ada dan normal dalam lambung. Akan tetapi jika jumlah asam lambung bertambah tinggi, maka ini akan menjadi boomerang bagi tubuh kita.

Beberapa organ tubuh akan sangat terganggu fungsinya, dan yang pertama kali terkena dampaknya adalah lambung itu sendiri.

Penyakit Asam Lambung TinggiCairan asam lambung yang tinggi memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan seperti dapat menimbulkan rasa mual, mulas, perut kembung, gas berlebih dan ketidaknyamanan perut setelah mengkonsumsi makanan.

Penyebab dari penyakit asam lambung tinggi adalah produksi asam lambung itu sendiri yang berlebihan, dan ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan produksi asam lambung berlebihan sehingga menimbulkan penyakit asam lambung tinggi, seperti:

-Makanan yang dikonsumsi asal-asalan

-Pola makan tidak dijaga dan

-Stress

Meskipun penyakit asam lambung terlihat remeh, akan tetapi jika penyakit ini tidak diatasi dengan cepat dan tepat maka dapat menimbulkan komplikasi yang buruk terhadap tubuh.

Naiknya produksi asam lambung bisa mengakibatkan penyakit gerd (naiknya asam lambung ke kerongkongan) yang dapat dirasakan oleh penderitanya seperti perasaan terbakar pada tubuh bagian dada.

Tidak hanya itu juga, asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi dinding esofagus atau kerongkongan sehingga mengakibatkan luka bahkan sampai pendarahan.

Gejala-Gejala penyakit Asam Lambung Tinggi Adalah

-Perut terasa nyeri dan merasakan sensasi seperti terbakar

-Perut kembung, mual, dan muntah

-Sering sendawa

-Asam lambung tinggi ke tenggorokan sehingga mengakibatkan mulut terasa pahit.

-Sulit menelan makanan karena terdapat luka pada kerongkongan dan esofagus

-Meningkatnya jumlah produksi air liur

Bagaimana Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengatasi Asam Lambung Tinggi?

Selain dengan terapi obat herbal, beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan untuk mencegah asam lambung naik atau perawatan selama penyembuhan.

Berikut beberapa cara atau tips untuk menghindari tingginya asam lambung:

1 Menjaga pola makan teratur

Kedislipinan dalam hal makanan menjadi faktor penting terhadap kesehatan pencernaan, untuk itu cobalah membiasakan diri dengan menjaga pola makan teratur.

2 Mengunyah makanan hingga lembut

Makanan yang masuk ke dalam lambung harus sudah berbentuk bubur hal ini dapat mempermudah proses pencernaan, anda dapat mengunyah makanan sampai 32 kali atau lebih.

3. Menghindari makanan yang tidak sehat

Hindari jenis-jenis makanan yang bisa mengakibatkan asam lambung tinggi, dan jangan mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan.

4. Hindari stress

Stress dapat meningkatkan produksi asam lambung. Untuk itu perlu anda hindari misalnya dengan berlibur bersama keluarga.

5. Berhenti merokok

Rokok selain dapat meningkatkan produksi asam lambung juga berdampak tidak baik untuk kesehatan.

6. Menurunkan berat badan

Obesitas atau kegemukan memicu naiknya asam lambung. Diet yang sehat dapat membantu anda menurunkan berat badan secara alami.

Itulah beberapa tips bagaimana menjaga anda dari penyakit asam lambung tinggi. Semoga cara sederhana tersebut bisa membantu anda mengatasi masalah asam lambung naik.

Sumber : SolusiMaag.net

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *