Tempat- tempat istimewa

transplantasi-korneaCangkokan kornea dapat bertahan tanpa membutuhkan imunosupresi. Karena keadaannya avaskular, tidak terjadi sensitisasi pada si penerima walaupun menjadi keruh jika seseorang disensitisasi terlebih dulu. Pencangkokan tulang rawan berhasil seperti di atas tetapi ada faktor tambahan yang memberi perlindungan pada obat tradisional penurun kadar gula dalam darah sel-sel tulang rawan (kondrosit-kondrosit) oleh matriksnya.

Ginjal

Sudah beribu-ribu ginjal dicangkokkan dan dengan perbaikan manajemen terhadap penderita-penderita tersebut, maka angka kelangsungan hidup menjadi lebih tinggi (Gambar 8.11). Penderita-penderita itu sebagian diimunosupresi pada pencangkokan, karena uremia dapat menyebabkan tingkat anergi imunologik. Si penerima yang memberikan 3 atau 4 bagian dari tempat antigen-antigen A dan B pada si pemberi memperlihatkan hasil peibaikan jika sebelumnya mereka diberi transfusi darah; dapatkah ini menjadi bukti suatu kasus peningkatan kesanggupan untuk menemukan produksi antibodi Ia? Jika fungsi ginjal sangat jelek pada waktu krisis penolakan, dapat dilakukan dialisa. Jika pencangkokan dilakukan karena glomerulonefritis yang disebabkan kompleks imunologi, maka imunosupresi yang biasa yaitv azatioprin dan prednison dapat membantu melindungi terjadinya kelainan yang sama pada pencangkokan ginjal itu. Penderita-penderita dengan antibodi-antibodi membran basal glomerulus (seperti pada sindroma Goodpasture) akan menghancurkan ginjal yang dicangkok itu.

Jantung

Kira-kira 40-50% dari penderita yang dicangkok dapat bertahan untuk satu tahun. Hasilnya tidak sebaik seperti pada pencangkokan ginjal, tetapi ada beberapa faktor tertentu yang harus diperhitungkan. Penderita-penderita penerima yang dalam keadaan kegagalan jantung yang dd?k tetap dengan kerusakan dan perubahan-perubahan sekunder yang lanjut dari penyumbatan pasif dan kepentingan klinik itu membuat suatu kesulitan dalam memilih organ-organ pemberi yang baik. Di samping masalah penolakan mungkin sejumlah penderita yang mempunyai kepentingan dalam penggantian jantung adalah lebih besar dari orang yang meninggal dengan jantung yang gukup sehat. Terhadap kemungkinan pencangkokan xenogeneik dan penggantian mekanis akan lebih diperhatikan lagi.

Hati

Angka-angka kelangsungan hidup pencangkokan hati secara garis besar sesuai dengan pencangkokan. Tiga perempat dari penderita kanker hati yang dilakukan pencangkokan, kembali kambuh dalam satu tahun. Pengalaman pencangkokan hati pada babi menunjukkan hasil yang tak terduga. Beberapa dari binaiang-binatang itu tetap bertahan dalam keadaan sehat dengan organ cangkokan itu untuk beberapa bulan tanpa satu imunosupresi pun.

This entry was posted in Diary. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *