Bagi anda yang masih bermasalah dengan si tonjolan merah atau jerawat kita harus perlu waspada, selain hal-hal sepeti genetic atau hormone jerawat bisa disebabkan oleh faktor luar juga seperti kebiasaan buruk. Bahkan benda-benda disekitar anda juga bisa sebagai penyebab muka berjerawat. Jerawat yang muncul bisa disebabkan oleh bantal anda yang dipakai untuk tidur yang menjadi sarang kuman bahkan gaget kesayangan anda waspadalah jerawat bisa timbul dari benda-benda pribadi milik anda. Benda-benda yang ada di sekitar kita tanpa disadari mengandung kuman dan bakteri yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab muka berjerawat. Penasaran benda apa saja yang bisa memicu kemunculan jerawat dan menjadi penyebab muka berjerawat? Yuk,kita simak pembahasan lengkapnya!

1. Handuk

handukAnda Sebaiknya berhenti menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Tanpa disadari handuk adalah tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Handuk sendiri memang sering menjadi media untuk mengeringkan wajah. Karena daya kapilaritasnya yang tinggi akan membuat handuk akan dimanfaatkan untuk mengeringkan wajah. Padahal, gak selamanya hal ini baik hal ini dikarenakan sebenarnya handuk juga menjadi ladang subur untuk tempat pertumbuhan kuman serta bakteri yang menjadi penyebab muka berjerawat. Tanpa disadari ketika anda menggantungkan handuk akan membuat bakteri, debu, serta polusi akan menempel di sana. Bisa ditebak, kuman jahat ini dengan mudahnya bakal berpindah ke jerawat dan menyebabkanya menjadi iritasi. Selain itu, terkadang tekstur kain handuk bisa menyakiti jerawat yang meradang dan membuatnya bertambah parah. Jika kamu gak ingin hal ini terjadi kamu bisa mengganti handuk wajah dengan tisu wajah yang lembut.

2. Blus On

blus onAnda bisa berhati-hati dengan penggunaan blush on karena kandungan pewarna yang ada pada kuas yang ada gunakan bisa membuat jerawat kian meradang. Make up tentu penting bagi kaum hawa. Bahkan, make up bisa digunakan hampir setiap hari demi menunjang penampilan anda . Tanpa disadari, ternyata salah satu alat make up bisa membahayakan kulit wajah yang sedang disambangi oleh jerawat. Sebut saja blush on. Penggunaan blush on sama sekali tidak disarankan untukmu yang sedang mengalami masalah jerawat. Karena kandungan pewarna buatan bisa menjadi penyebab muka berjerawat dan juga jerawat akan mengalami iritasi. Selain itu rangkaian debu, kotoran, dan polusi bisa bersarang di kuas yang digunakan.

3. Sarung Bantal dan Guling

sarung bantal dan gulingUntuk sarung bantal sendiri harus sering dibersihkan karena disitu adalah tempat berkumpulnya keringat dan kuman yang juga bisa menjadi penyebab muka berjerawat. Tanpa disadari, ketika sedang tidur pulas kulit muka akan bekerja ekstra dan menghasilkan minyak. Kemudian kulit wajah yang berminyak tadi akan sering bergesekan dengan sprei dan sarung bantal serta guling. Padahal tanpa disadari, kain sprei dan sarung bantal sudah terkena keringat dan debu yang bisa mengiritasi kulit muka. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa menggantiya sarung bantal dan sprei secara berkala. Jangan tunggu hingga berbau tidak sedap, karena kotoran dan kuman juga semakin banyak terkumpul di sana.

4. Gadget

gadgetGadget merupakan salah satu penyebab utama masalah penyebab muka berjerawat karena kuman serta bakteri akan mudah terakumulasi disana. Seberapa sering anda menelepon dengan menggunakan gadget kesayangan anda tiap harinya? Tanpa anda sadari gadget merupakan salah satu ladang subur untuk kuman serta kotoran tumbuh subur yang menjadi penyebab muka berjerat. Mengapa demikian? Jari merupakan salah satu media berkumpulnya kuman dan kotoran dari benda-benda yang kita pegang. Pada akhirnya semua kotoran dan kuman yang ada akan terakumulasi dan berkumpul di layar gadget yang sering kita pegang. Ditambah lagi ketika kita anda sering menelepon, kuman dan kotoran yang sebelumnya ada pada layar gadget akan berpindah pada kulit muka terutama pada bagian wajah yang berminyak. Bisa ditebak, ‘kan, akhirnya jerawat bisa muncul karena hal ini. Untuk mengantisipasinya, anda bisa mendisiplinkan diri untuk membersihkan layar gadget secara berkala dengan membersihkanya.

5. Shampo dan Konditioner

sampo dan konditionerShampoo dan kondisioner juga bisa menjadi pemicu penyebab muka berjerawat. Jadi anda harus membilasnya sampai bersih agar tidak tertinggal di kulit kepala. Kamu perlu tahu bahwa shampoo dan kondisioner memiliki kandung bahan yang cukup berpotensi yang akan menimbulkan jerawat. Sebut saja zat sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulfate yang menjadi bahan pembuat shampoo berbusa ternyata apabila tertinggal di kulit kepala bisa menyebabkan jerawat. Untuk mengantisipasinya kamu bisa memastikan bahwa busa shampoo sudah benar-benar dibilas sampai bersih. Pada Di sisi lain, kondisioner juga mengandung silikon yang berguna untuk membuat rambut berkilau. Zat ini juga tak baik apabila tertinggal di kulit kepala. Pastikan kamu untuk mengoleskannya pada batang rambut dan gak mengenai kulit kepala. Oleh karen itu pilih shampo berkualitas seperti shampo kemiri BMKS

6. Pasta Gigi

pasta gigiKandungan yang ada pada pasta gigi tanpa anda sadari bisa juga menjadi penyebab muka berjerwat dan dapat menyebabkan jerawat tidak terkendali. Bahan-bahan yang terkandung pada pasta gigi bisa akan menyebabkan jerawat muncul secara tidak terkendali. seperti kandungan idrogen fluoride, peroksida, sodium lauryl sulfate. Jadi tidak heran jerawat anda bisa muncul di area sekitar mulut. Untuk itulah cara mengantisipasinya anda bisa menggosok gigi terlebih dahulu lalu kemudian mencuci wajah sampai bersih dengan menggunakan facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Semoga artikel diatas bisa menambah ilmu dan wawasan kita serta dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari kita. Terimakasih

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *