Salah satu penyebab kanker yang paling banyak dibuktikan dewasa ini ialah asap rokok

115738_asaprokoktsNamun, pengetahuan kita tentang sekian banyak agen penyebab kanker yang penting sudah cukup memadai sehingga setiap orang dan masyarakat di masa depan mungkin akan berhasil mengurangi korban kanker secara berarti. Menyerah kepada tingkah-laku dan pola-pola produksi yang tidak sehat, demikian pula kurangnya pengetahuan, beruti memastikan bahwa tingkat penderita kanker akan tetap tinggi dalam dasawarsa-dasawarsa mendatang. Disebabkan oleh demikian populernya rokok di dunia pada abad keduapuluh ini, kanker paru-panr kini sedang menyebarkan bencana yang meluas. Rokok yang relatif jarang pada abad-abad yang lampau kini merupakan kanker penyebab kematian paling unggul di negara-negara industri. Tambahan pula, dewasa ini arah gejala yang meningkat dalam jumlah total dari obat tradisional yang ampuh untuk diabetes kematian akibat kanker di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, banyak mencerminkan meningkatnya tingkat mortalitas kanker paru-paru.

Kebiasaan orang banyak untuk merokok – ada kalanya disertai dengan kontak dengan radiasi asbes atau polutan lainnya – tak pelak lagi arah gejala kanker paru-paru yang ada sekarang. Orang yang telah terbiasa merokok selama puluhan tahun peling tidak menaikkan kemungkinannya sepuluh kali lipat untuk mati akibat kanker paru-paru, sementara kemungkinan bagi para perokok yang parah adalah duapuluh kali lipat daripada mereka yang tidak merokok. Asap tembakau juga menyebabkan atau menstimulir kanker pada mulut, leher, kandung empedu, kerongkongan, dan pankreas. Menurut perhimpunan Kinker Amerika, kebiasaan mengisap rokok merupakan penyebab dari 15 hingga 20 persen dari semua kanker di Amerika Serikat.

Bagaimana peradaban sampai pada keadaan aneh dewasa ini, bagaimana rokok sampai mendapatkan subsidi dari pemerintah dan diiklankan oleh berbagai perusahaan dan setiap hari dibeli oleh ratusan juta orang adalah suatu cerita yang perlu diuraikan dalam suatu bab tersendiri (Lihat Bab 6). Kekuatan-kekuatan apa pun yang membuat kebiasaan merokok demikian umum, perrng terhadap kanker mau tak mau akan berarti perang terhadap rokoh Penyebab kanker kategori kedua adalah menu. Walaupun gagasan ini belum lagi didukung dengan bukti-bukti yang kua! semua faktor menu sekaligus bahkan bisa mengalahkan tembakau sebagai penyebab kanker di dunia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *