Tapi konsumsi lemak jenuh hanyalah salah satu dari “faktor-faktor risiko” yang dihubungkan dengan serangan jantung

Akan tetapi tingkat kematian yang diakibatkannya sedang bertambah di sebagian besar dunia. Di India, apa yang ditunjukkan oleh cara alami untuk menurunkan kadar gula darah informasi-informasi singkat, ialah bahwa jumlah penderita koroner di rumah-rumah sakit perkotaan telah meningkat secara bertahap secara dua puluh tahun terakhir. Penderita serangan jantung sedang meningkat di Tiongkok, Srilangka, Korea, Malaysia, dan juga Filipina. Di tujuhbelas dari duapuluh dua negara Amerika Utara dan Selatan, penyakit tersebut kini merupakan salah satu dari lima penyebab kematian utama. Dan disepuluh negara, dari keduapuluh dua negara ini penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu. Meskipun ia telah meningkat tiga kali lipat selama limabelas tahun terakhir, tingkat kematian koroner di Jepang masih tetap rendah dibanding dengan di negara-negara maju lainnya, mungkin sekali karena orang Jepang mengkonsumsi relatif sedikit lemak hewani. Yang lain-lainnya adalah obesitas, tumpukan kolesterol pada darah, tekanan darah tinggi, diabetes, kehidupan sedenter, dan kebiasaan merokok.

jantungkoroner

Risiko yang melebihi tingkat normal juga mengancam kaum pria, peminum, mereka yang keluarganya banyak terkena penyakit tersebut, dan penggemar minuman air bebas-mineral. Para dokter menggunakan istilah “faktor risiko” guna membicarakan hal-hal yang ada hubungannya dengan meningkatnya kemungkinan mendapatkan serangan jantung. Mereka berbuat demikian karena tak banyak tata hubungan sebab-akibat yang telah sepenuhnya dikukuhkan dalam bidang penelitian ini, juga karena tak ada “penyebab” tunggal yang bisa dianggap bertanggungjawab atas epidemi sekian penyakit degenerasi yang ada sekarang.

Sumbangan dari berbagai faktor resiko terhadap kemungkinan serangan jantung telah menjadi pokok pembicaraan dalam studi Framingham yang termasyhur. Sejak tahun 1948, para dokter telah memeriksa lebih dari lima ribu pria dan wanita di Framingham, Massachusett, sehubungan dengan tingkat perkembangan awal dari penyakit koroner. Angina pectoris atau sakit dada yang sering merupakan indikator awal dari penyakit koroner lebih umum terdapat dikalangan pria gemuk yang disertai dengan atau tanpa tekanan darah tinggi serta tumpukan kolesterol. Tapi bagi kaum wanita, kegemukan tidaklah mempertinggi kemungkinan angina pectoris kecuali jika itu disertai dengan tekanan darah tinggi dan tingkat tumpukan kolesterol yang tinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *