Diet “Makan dalam porsi kecil” telah popular dan mejadi sorotan sebagai cara mudah untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori tunggal. Akan tetapi lebih sering makan juga bukanlah solusi yang cukup untuk diet, menurut penelitian terbaru. Meskipun begitu bukan berarti Anda harus memulai mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar lagi, jika diet dengan porsi kecil saja bisa menjadikan Anda berhasil.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Makan Makanan Porsi Kecil

Penelitian Terbaru
Dalam sebuah penelitian tentang menurunkan berat badan yang dipresentasikan kepada masyarakat tahun ini untuk konferensi tahunan Endokrinologi BES, peneliti melakukan penelitian terhadap beberapa perempuan yang telah diberi lima kali makanan pada satu hari, dan yang hanya dua kali di hari lain.

Kalori yang di konsumsi jumlahnya identik pada hari pertama dan hari kedua, sehingga ukuran dan frekuensi makan adalah satu-satunya perbedaan yang signifikan. Ilmuwan menggunakan kalorimeter untuk mengukur pengeluaran energi perempuan setiap harinya.

Hasilnya? Para wanita membakar jumlah kalori yang sama, tidak peduli seberapa sering mereka makan sepanjang hari. Bahkan, pengeluaran energi nya juga identik selama 24 jam penuh.

Satu Perbedaan
Namun ada Satu hal yang berbeda: tingkat zat dalam darah yang disebut endotoksin lebih tinggi pada kelompok yang sering-makan. Endotoksin diketahui menyebabkan peradangan, yang dikaitkan dengan diabetes tipe-2 dan penyakit kardiovaskular.

Sementara risiko kesehatan dari makan makanan dalam porsi kecil belum dapat dikonfirmasi, penelitian menunjukkan bahwa pada akhir hari, konsumsi kalori dan bukan frekuensi makan, adalah yang paling berperan untuk menurunkan berat badan.

Potensi Manfaat Dari Porsi Makan Kecil
Penting untuk dicatat bahwa mengkonsumsi pasokan makanan yang stabil tidak membantu mencegah lonjakan gula darah. Faktor-faktor ini dapat membantu mengontrol rasa lapar, sehingga membuatnya lebih mudah bagi beberapa orang untuk mengurangi konsumsi kalori mereka.

Pada akhirnya, bagaimanapun, Anda hanya akan menurunkan berat badan dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar untuk energi. Setiap pon lemak tubuh mengandung 3.500 kalori, sehingga Anda harus membuat banyak upaya untuk bisa membuang 1 kilogram.

Menurunkan Berat Badan Yang Aman dan Efektif
Untuk menurunkan berat badan dengan aman dan efektif, maka sebaiknya Anda harus membakar 500 sampai 1.000 kalori per hari untuk menurunkan 1-2 pound per minggu. Pembakaran kalori tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas dan faktor-faktor lain, tetapi Anda bisa mendapatkan perkiraan kasar dengan mengalikan kali berat badan Anda dengan 15. Misalnya, berat seseorang 140-pon maka ia haris membakar sekitar 2.100 kalori per hari, dan akan bisa mengurangi berat badan 1 pon setiap minggu dengan makan 1.600 kalori per hari.

Untuk membuat program menurunkan berat badan atau diet agar tidak terlalu menyiksa, makanlah makanan yang memiliki kalori lebih sedikit, seperti biji-bijian tinggi serat utuh, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan mengkonsumsi produk diet herbalife yang sudah terbukti keampuhannya dalam menunjang keberhasilan program diet Anda.

Dan untuk hasil yang lebih cepat dan otot yang lebih baik, Anda juga harus melakukan olahraga yang sesuai misalnya olahraga kardiovaskular, dan melakukan latihan beban setidaknya dua kali seminggu. Ikuti panduan ini, dan Anda tidak perlu bergantung pada model diet yang makan kecil tapi sering atau diet mode lainnya untuk bisa menurunkan berat badan.

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Comments are closed.